Oleh: Syifa Isnaini
Belakangan ini
persaingan antar bank untuk memperoleh dana dari nasabah semakin ketat,
khususnya di Indonesia. Kondisi ini tidak sejalan dengan minat masyarakat
Indonesia menyimpan dana di bank yang tergolong rendah. Menghadapi kondisi
tersebut, berbagai strategi dilakukan oleh bank-bank di Indonesia untuk
memenangkan persaingan. Salah satunya adalah dengan melirik tren gaya hidup
masyarakat masa kini. Masyarakat modern yang ingin segala sesuatu cepat dan
praktis kemudian dilihat sebagai peluang oleh bank untuk memenangkan
persaingan.
Sudah akrab di telinga
kita tentunya fasilitas kartu kredit dari bank yang ditujukan untuk memudahkan
transaksi nasabah dalam hal berbelanja, atau ATM yang dapat kita temui
dimana-mana. Tak hanya dua fasilitas tersebut, belakangan kita akrab dengan
istilah internet banking dan mobile banking yang juga merupakan fasilitas dari
bank untuk memenuhi kebutuhan transaksi cepat dan praktis nasabahnya. Semua
fasilitas tersebut adalah bagian dari strategi bank untuk memperoleh dana dari fee based income. Fee based income adalah
pendapatan bank atas jasa-jasa yang diberikan kepada nasabah berupa beberapa
fasilitas tadi.
Tidak berhenti pada
penyediaan fasilitas, persaingan ketat memaksa bank untuk melakukan inovasi
atas fasilitasnya itu. Kemudian lahirlah debit
card dengan berbagai tingkatan, di mana setiap tingkatannya memiliki desain
berbeda dan menawarkan limit transaksi yang berbeda pula. Mobile banking pun
kini tak sebatas dilakukan melalui sms, tetapi beberapa bank meluncurkan
aplikasi banking untuk smartphone
yang kini sedang digandrungi banyak orang.
Berbagai artikel dan survei
menunjukkan bahwa kini bank-bank raksasa di Indonesia cenderung memfokuskan
strateginya untuk meningkatkan perolehan fee
based income, sebab dana dari pendapatan atas jasa bank ini cukup besar
jumlahnya. Tren gaya hidup masa kini
memang erat kaitannya dengan kenaikan fee
based income yang diperoleh bank. Bukan tidak mungkin, dalam beberapa tahun
ke depan fokus utama bank benar-benar berpindah ke fee based income jika melihat gaya hidup yang menuntut segala hal
cepat dan praktis.