Oleh: Syifa Isnaini


Belakangan ini persaingan antar bank untuk memperoleh dana dari nasabah semakin ketat, khususnya di Indonesia. Kondisi ini tidak sejalan dengan minat masyarakat Indonesia menyimpan dana di bank yang tergolong rendah. Menghadapi kondisi tersebut, berbagai strategi dilakukan oleh bank-bank di Indonesia untuk memenangkan persaingan. Salah satunya adalah dengan melirik tren gaya hidup masyarakat masa kini. Masyarakat modern yang ingin segala sesuatu cepat dan praktis kemudian dilihat sebagai peluang oleh bank untuk memenangkan persaingan.
Sudah akrab di telinga kita tentunya fasilitas kartu kredit dari bank yang ditujukan untuk memudahkan transaksi nasabah dalam hal berbelanja, atau ATM yang dapat kita temui dimana-mana. Tak hanya dua fasilitas tersebut, belakangan kita akrab dengan istilah internet banking dan mobile banking yang juga merupakan fasilitas dari bank untuk memenuhi kebutuhan transaksi cepat dan praktis nasabahnya. Semua fasilitas tersebut adalah bagian dari strategi bank untuk memperoleh dana dari fee based income. Fee based income adalah pendapatan bank atas jasa-jasa yang diberikan kepada nasabah berupa beberapa fasilitas tadi.
Tidak berhenti pada penyediaan fasilitas, persaingan ketat memaksa bank untuk melakukan inovasi atas fasilitasnya itu. Kemudian lahirlah debit card dengan berbagai tingkatan, di mana setiap tingkatannya memiliki desain berbeda dan menawarkan limit transaksi yang berbeda pula. Mobile banking pun kini tak sebatas dilakukan melalui sms, tetapi beberapa bank meluncurkan aplikasi banking untuk smartphone yang kini sedang digandrungi banyak orang.
Berbagai artikel dan survei menunjukkan bahwa kini bank-bank raksasa di Indonesia cenderung memfokuskan strateginya untuk meningkatkan perolehan fee based income, sebab dana dari pendapatan atas jasa bank ini cukup besar jumlahnya.  Tren gaya hidup masa kini memang erat kaitannya dengan kenaikan fee based income yang diperoleh bank. Bukan tidak mungkin, dalam beberapa tahun ke depan fokus utama bank benar-benar berpindah ke fee based income jika melihat gaya hidup yang menuntut segala hal cepat dan praktis.

Leave a Reply